Kamis, 26 Maret 2015

sistem informasi manajemen


MAKALAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 
BERBASIS KOMPUTER











Disusun Oleh:
Umi Masruroh 12080314004
Mukhlis Imam Khambali 12080314022

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
2015

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas  segala rahmat, petunjuk, dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Makalah ini dapat digunakan sebagai wahana untuk menambah pengetahuan, sebagai teman belajar, dan sebagai referensi tambahan dalam belajar Sistem Informasi Manajemen khususnya dalam pokok bahasan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. 
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penulisan makalah ini. Segala upaya telah dilakukan untuk menyempurnakan makalah ini, namun tidak mustahil apabila dalam makalah ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang dapat dijadikan masukan dalam menyempurnakan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami pada khususnya dan pembaca pada umumnya untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. 

Surabaya, 24 Februari 2015


Penyusun

DAFTAR ISI
Cover
Halaman Judul i
Kata Penngantar ii
Daftar Isi iii
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang 1
Rumusan Masalah 1
Tujuan 2
BAB II PEMBAHASAN
Pengertian Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dan Pentingnya Komputerisasi 3
Berbagai Jenis Sistem Komputer 4
Arsitektur Komputer 7
Unit Input dan output 9
Mengurangi Kesalahan Input 11
Multimedia 12
BAB III PENUTUP
Kesimpulan 13
DAFTAR PUSTAKA iv


BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar belakang

Dengan berkembangnya teknologi berkembang pula sistem informasi. Banyak kegiatan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan teknologi khususnya bagi perusahaan atau organisasi.  Perusahaan membutuhkan teknologi dalam semua kegiatanya terutama sistem informasi yang lebih berfokus pada sistem informasi berbabasis komputer. Dengan komputer suatu perusahaan menciptakan dan memperoleh serta memproses suatu informasi yang setiap saat berkembang. 
Apabila perusahaan tidak didukung dengan teknologi terutama komputer, maka suatu perusahaan akan mengalami kemacetan atau bahkan mengalami kemunduran. Misalnya seorang sekretaris tidak  mengolah data informasi atasanya mengenai kerja sama antar perusahaan, maka kerja sama tersebut akan batal dan membuat kerugian perusahaan tersebut. Oleh karena itu setiap perusahaan harus mampu berupaya mengikuti arus informasi yang berkembang seiring berkembangnya teknologi. 
Pada berbagai perusahaan pasti menggunakan sistem informasi manajemen baik menggunakan sistem manusia atau mesin yang terpadu, untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi manajemen  dan pengambilan keputusan.  
2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah kami jelaskan di atas. Rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi Manajemen berbasis komputer dan pentingnya Komputerisasi?
Apa sajakah Jenis Sistem Komputer?
Bagaimana Arsitektur Komputer?
Bagaimana Unit Input dan output?
Bagaimana Mengurangi Kesalahan Input?
Apa yang dimaksud Multimedia?

Tujuan
Untuk mengetahui  sistem informasi manajemen berbasis komputer dan pentingnya komputerisasi.
Untuk mengidentifikasi  jenis sistem komputer
Untuk mendeskripsikan arsitektur komputer
Untuk mengetahui unit input dan output
Untuk mengetahui cara mengurangi kesalahan input
Untuk mengetahui maksud dari multimedia

BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dan Pentingnya Komputerisasi
Menurut Robert G.Murdick dan Joel E.Ross, sistem informasi manajemen adalah proses komunikasi di mana informasi  masukan (input) direkam, disimpan dan diperoleh kembali (diproses) bagi keputusan (output) mengenai perncanaan, pengoerasian, dan pengawasan. Sedangkan menurut Joseph F.Kelly, sistem informasi manajemen adalah perpaduan sumber manusia dan sumber yang berlandaskan komputer yang menghasilakan kumpulan penyimpanan, perolehan kembali, komunikasi dan pengguanaan data untuk tujuan operasi manajemen yang efisien dan bagi perencaan bisnis. 
Sistem informasi manajemen dibedekan menjadi dua yaitu sistem informasi manual dan sistem informasi berbasis komputer. Sistem informasi manajemen berbasis komputer  adalah suatu sistem yang pengolahan data menjadi informasi dengan menggunakan alat bantu untuk mengambil sebuah keputusan yang dimana alat bantu komputer berperan penting dalam sebuah sistem. Sistem informasi manajemen berbasis komputer dapat juga diartikan  suatu komponen elektronik yang terdiri dari perangkat lunak (hardware) dan perangkat keras (software) yang bertugas menerima input, menyimpan perintah-perintah , dan menyediakan output.
Seperti yang telah diuraikan sebelumnya sistem informasi manajamen berbasis komputer berperan penting dalam kegiatan perusahaan dan pengambilan suatu keputusan.  Komputer sangat membantu tugas pekerjaan yang dilakukan oleh atasan dan bawahan. Dengan komputer perusahaan dapat memperkenalkan produk-produk yang diproduksi kepada masyarakat dan menurunkan harga produk, yang dimana dapat menurunkan biaya klerikal dan pengolahan data dan menurunkan jumlah pekerja yang dimana dapat menggunakan tenaga mesin dalam menjalankan pekerjaan. Sistem informasi manajemen berbasis komputer  juga membantu pengendalian kegiatan akutansi (manufacturing)  dan membantu perancangan desain. Jadi sistem informasi manajemen berperan penting dalam menghemat biaya, peningkatan produksi, peningkatan pengambilan kepututsan, dan pengembangan aplikasi-aplikasi strategis.
Berbagai Jenis Sistem Komputer
Kebanyakan dari komputer pengolah data bisnis adalah komputer jenis penyimpanan program dan bersifat serba guna. Penyimpanan program berarti progam mengarahkan kegiatan disimpan dalam komputer selama proses berlangsung. Komputer serba guna adalah komputer yang dapat diprogram untuk melasanakan berbagai tugas seperti mengolah data bisnis, ilmiah, pengendali roduksi dan proses. George  M. Scolt, 1994 dalam Danang Sunyoto. Membagi sebagai berikut:
Jenis komputer Keperluan ruang
Super komputer
Mainframe
Supermini komputer
Mini komputer
Supermikro komputer
Komputer mikro Ruang besar
Kamar
Ruang kecil
Kantor
Bagian dari kantor
Ukuran meja

Berikut adalah kapasitas dari berbagai kategori komputer yang berbeda, dalam pengertian jumlah terminal yang dapat dilayani walau sebenarnya terminal bukanlah ukuran kapasitas sebuah komputer.
Jenis komputer Kapasitas input-output (terminal) Tugas bisnis tertentu
Super komputer Jumlahnya sangat banyak Tidak sebuah pun
Mainframe Jumlah terminalnya sangat banyak, biasanya ratusan. Pemrosesan skala bisnis berskala besar (seluruh tugas).
Supermini komputer Banyak terminal Pemrosesan data bisnis skala medium (seluruh tugas)
Mini komputer Terminal ganda Pemrosesan data bisnis skala kecil (dengan aplikasi skala sedang)
Supermikro komputer Terminal ganda Pemasukan data dengan aplikasi bisnis berskala sedang dan kecil.
Komputer mikro Terminal tunggal Aplikasi bisnis berskala kecil dan menengah (biasanya ditujukan untuk satu atau beberapa tugas khusus).

Berikut menunjukkan kemampuan komputer mikro yang ditujukan untuk melaksanakan berbagai tugas pada perusahaan kecil, biasanya pemrosesan data transaksi. Berikut tabelnya:

Jenis komputer Pemakaian khusus Tipe operator
Super komputer Untuk penelitian ilmiah berskala besar Personel pengolahan data profesional.
Mainframe Pada organisasi berskala besar dan menengah. Personel pengolahan data profesional.
Supermini komputer Pada organisasi berskala besar dan menengah. Personel pengolahan data profesional.
Mini komputer Pada organisasi kecil dan cabang  organisasi berskala besar dan menengah. Personel bisnis yang dilatih khusus.
Supermikro komputer Pada organisasi berskala kecil dan untuk  pengumpulan data pada organisasi berskala besar. Personel bisnis yang dilatih khusus.
Komputer mikro Untuk personel dan hobi, Pada organisasi berskala kecil dan untuk analisis khusus pada  organisasi berskala besar. Manajer dan personel administrasi.
Sumber: George  M. Scolt, 1994 dalam Danang Sunyoto.
Menurut jenis data yang diolah dan tujuannya, komputer dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Komputer menurut jenis data yang diolah
Komputer digital
Adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca, dan lain-lain. Jenis ini banyak digunakan dalam bisnis, missal menghitung penjualan dan biaya.
Komputer analog
Untuk mengolah data yang sifatnya kualitatif untuk mengukur variabel-variabel seperti voltase, kecepatan suara, resistensi udara, suhu, dan lain-lain, banyak digunakan dalam kegiatan ilmiah.



Komputer hybrid
Untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif. Dengan kata lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatif atau sebaliknya.
Komputer  menurut tujuan
Special purpose computer
Untuk mengolah data spesifik, misalnya akunting dalam suatu kegiatan bisnis. Tidak dapat digunakan untuk pemecahan masalah lain.
General purpose computer
Komputer mini untuk keperluan pemecahan berbagai jenis masalah.
Arsitektur Komputer
Arsitektur adalah sebuah desain atau skema unit-unit komputer pada unsur perangkat keras dan perangkat lunak  saling berhubungan untuk melakukan tugasnya . Diagram di bawah ini disebut skema komputer telah ada sejak awal masa komputer. Unit perangkat keras dikemas dalam sebuah kotak tersendiri dan dihubungkan dengan kabel-kabel elektris. Arus data melalui sistem digambarkan oleh panah-panah dalam bagan. Unit paling penting adalah central processing unit (CPU) yang mengandalikan semua unit sistem komputer lain dan mmengubah input menjadi output. CPU mencakup unit penyimpanan primer (primary storage) yang disebut main memory. Primary storage berisi data yang sedang diolah dan program, yaitu daftar instruksi yang mengolah data.
Perangkat lunak digambarkan untuk menggambarkan satu atau beberapa program. Unit pengendali (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai satu sistem dan arithmetic and logic unit (ALU) adalah tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika. Processor digunakan untuk menggambarkan control unit dan ALU yang mengolah isi penyimpanan primer. Satu atau beberapa unit input memasukkan data ke penyimpanan primer. Karena kapasitas yang terbatas diperlukan penyimpanan tambahan yaitu penyimpanan sekunder (secondary storage). Penyimpanan ini menyediakan tempat menyimpan program dan data ketika tidak digunakan. Program yang disimpan disebut kleksi perangkat lunak (software library) dan data yang disimpan disebut database. Hasil penglahan dicatat oleh unit output (Raymond McLeot, 2001 dalam Sunyoto, 2014).
Perangkat lunak adalah suatu program atau beberapa program. Didalam CPU terdapat perangkat lunak yang penting atau bisa disebut dengan nama prcessor, yaitu unit pengendali (control unit) yang membuat semua unit bekerja sama dalam satu sistem  dan ALU (arithmetic and logic unit)  yang adalah tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika.












D. Unit Input dan Output
a. Unit input
Input adalah sebuah metode dan media untuk memasukan data. Menurut Raymaond McLeod (2001) ada lima cara memasukan data ke dalam komputer, yaitu :
Keyboard
Keyboard adalah tombol-tombol huruf dan dilengkapi dengan sejumlah tombol tambahan seperti numeric keyboard (tombol angka) yang berguna untuk memasukan data angka, tombol tanda panah (cursor control),  dan tombol fungsi yang menjalankan tugas tertentu bagi pemakainya yang tergantung dari perangkat lunaknya.
Alat penunjuk (pointting device)
Selain tombol tanda panah pada keyboard, terdapat alat penunjuk lainya yang digunakan untuk memindahkan cursor  atau simbol kecil yang digunakan untuk menunjukan suatu area di layar komputer tempat operasi yang sedang dikerjakan yaitu mouse, trakball, touch screen, light pen, dan unit remote control.
Alat pembaca optis
Alat yang berfungsi untuk membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric yang disebut dengan scanner. Pendekatan input komputerini disebut OCR (optical character recognition).
Alat pembaca magnetik
Alat pembaca magnetik disebu dengan magnetic ink character recognition (MIRC) yang berfungsi untuk memerintahkan karakter khusus dicetak di bagian bawah cek dengan menggunakan tinta khusus berisi zat yang diberi muatan magnet segera sebelum di baca yag memudahkan proses membaca oleh komputer.
Alat pengenal suara
Unit pengenal suara (speech recognition unit) menganalisis pola suara dengan mengenali suara satu pemakai dan mengubahnya menjadi bentuk digital untuk diproses. Untuk mengatasi mengenali suara satu pemakai, menggunakan jenis speaker independent system yang mampu mengenali semua pemakai yang berbicara dalam bahasa apa pun asalkan proses pembuatan modal suaranya  telah dilakukan.

b. Unit output
Hasil akhir dari semua pemrosesan komputer yang dapat berupa suatu informasi , cetakan, lapran, dan sebagainya. Hasil akhir tersebut dibantu dengan alat  berupa :
Alat output tampilan
Alat ini disebut denga monitor (display screen) yang layar tampilan sangat beragam ukuran, resolusi/kejernihan layar, dan kemampuan warna. Layar yang dirancang untuk fungsi  khusus  ukuran layar ditentukan dengan mengukur diagonal permukaan layar. Kejernihan suatu layar bergantung pada jumlah titik-titik indiviual atau pixel  yang dicahayai untuk menghasilkan karakter atau pola grafik yang diproyeksikan ke layar. Sehingga semakin banyak jumlah pixel, semakin baik resolusinya.
Alat output cetakan
Alat yang digunakan untuk menghasilakan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas misalnya printer.
Alat output suara
Speech output unit/ audio response unit berfungsi untuk memilih serangkaian suara digital yang ditransmisikan atau melalui suatu saluran komunikasi, misalnya ringtone lagu ditelepon.  Alat output suara dapat juga berupa speaker dan earphone.
Plotter
Alat yang dirancang untuk mengehasilkan keluaran grafik. Plotter ini dirancang dalam dua ukuran, yaitui model dekstop kecil yang menghasilkan gambar seukuran kertas biasa dan model besar yang mencetak pada gulungan kertas yang lebarnya dapat mencapai empat kali.
Microfon
Mikrofon adalah teknologi dengan menyimpan file dokumen yang besar ke dalam bentuk miniature di atas film gotografi. Film dalam bentuk gulungan disebut microfilm dan microfiche untuk film dalam bentuk lemabaran.
Output grafik
Keluaran yang berbentuk diagram, grafik,  dan bentuk grafis lainya yang membutuhkan perangkat lunak grafis dan perangkat keras yang sesuai adalah printer, plotter, dan layar tampilan.

E. Mengurangi Kesalahan Input
Menurut  Raymond McLeod (2001) cara untuk mengurangi kesalahan dalam memasukan data, yaitu dengan beberapa langkah :
Pencegahan kesalahan
Pencegahan kesalahan dapat dilakukan dengan berbagai tehnik. Contohnya dengan mengatur layar input dengan data yang formatnya diproteksi (protected format),  sehingga pemakai tidak dapat mengubah data tanpa disengaja. Contoh lain dengan tehnik menekan tombol tertentu untuk membatalkan perintah  seperti menekan tombol escape.
Pendeteksian kesalahan
Untuk mendeteksi kesalahan memasukan data menggunakan cara sebelum memasukan data  maka mengaktifkan aplikasi edit routine yang dimana sebagian besar terdapat aplikasi tersebut.  Edit routine mendeteksi kesalahan dalam memasukan karakter abjad dalam field dan menampilkan kesalahan  serta cara memperbaikinya.
Perbaikan kesalahan
Aplikasi edit routine dapat membantu memperbaiki data dengan menggerakan kursor ke field yang salah dan mengetik kembali semua atau sebagian karakter.
Menempatkan penanganan kesalahan  dalam perspsektif
Seberapa cermat seseorang dalam mengikuti tehnik mengurangi kesalahan dan seberapa canggih aplikasi yang digunakan, namun pasti memungkinkan terjadi kesalahan. Sehingga dari pada mengurangi seluruh kesalahan tersebut, maka lebih baik berkonsentrasi terhadap kesalahan yang berdampak langsung merusak organisasi anda bekerja dan mengurangi kesalahanlain pada tingkat minimum yang masih diterima.
F. Multimedia
Multimedia adalah suatu teknologi komputer yang mengkombinasi beberapa bentuk output komputer yang berbeda menutrut Raymond  McLeod (2001). Multimedia merupakan kombinasi perangkat komputer baik perangkat lunak dan perangkat keras dan dengan alat lain seperti televisi dan monitor video yang menghasilkan presentasi audio dan visual. Dengan multimedia presentasi akan lebih interaktif  karena pemakai dapat melihat logo tiga dimensi, foto diam, animasi, dan dapat mendengar suara.
 

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Sistem informasi manajemen adalah perpaduan sumber manusia dan sumber yang berlandaskan komputer yang menghasilakan kumpulan penyimpanan, perolehan kembali, komunikasi dan pengguanaan data untuk tujuan operasi manajemen yang efisien dan bagi perencaan bisnis. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya sistem informasi manajamen berbasis komputer berperan penting dalam kegiatan perusahaan dan pengambilan suatu keputusan.  Komputer sangat membantu tugas pekerjaan yang dilakukan o leh atasan dan bawahan.
Menurut George M. Scoot (1994) dibedakan menjadi enam jenis sistem komputer :
1. Super komputer            4. Mini komputer
2. Mainframe                     5. Supermikro komputer
3. Supermini komputer      6. Komputer mikro
Kapasitas dari berbagai kategori komputer yang berbeda, dalam pengertian jumlah terminal yang dapat dilayani walau sebenarnya terminal bukanlah ukuran kapasitas sebuah komputer.
Arsitektur adalah sebuah desain atau skema unit-unit komputer pada unsur perangkat keras dan perangkat lunak  saling berhubungan untuk melakukan tugasnya. Unit paling penting adalah central processing unit (CPU) yang mengandalikan semua unit sistem komputer lain dan mmengubah input menjadi output.
Unit input terdiri dari ; Keyboard, Alat penunjuk (pointting device), Alat pembaca optis, Alat pembaca magnetik, Alat pengenal suara. Sedangkan Unit output terdiri atas; Alat output tampilan, Alat output cetakan, Alat output suara, Plotter,  Microfon, Output grafik. Cara untuk mengurangi kesalahan dalam memasukan data, yaitu dengan beberapa langkah: 1) Pencegahan kesalahan, 2) Pendeteksian kesalahan, 3) Perbaikan kesalahan, 4) Menempatkan penanganan kesalahan  dalam perspsektif.
Membahas sistem informasi manajemen berbasis komputer multimedia akan menjadi salah satu bahasan. Multimedia adalah suatu teknologi komputer yang mengkombinasi beberapa bentuk output komputer yang berbeda menutrut Raymond  McLeod (2001). Multimedia merupakan kombinasi perangkat komputer baik perangkat lunak dan perangkat keras dan dengan alat lain seperti televisi dan monitor video yang menghasilkan presentasi audio dan visual.



DAFTAR PUSTAKA

Sunyoto, Danang. 2014. Sistem Informasi Manajemen Perspektif Organisasi. Yogyakarta: CAPS(Center of Academic Publishing Service)
Herlambang, Dhian. 2013. Dasar-Dasar Pemrosesan Komputer. Online (http://ataskiri.blogspot.com/2013/11/dasar-dasar-pemrosesan_komputer_4428.html?m=1) diakses pada 20 Februari 2015.
Wiyono, Nuri. 2014. Komputer Berdasar Kapasitas dan Ukurannya. Online (http://www.academia.edu/4566381/komputer_Berdasarkan_Kapasitas_dan_Ukurannya) diakses pada 20 Februari 2015.
SMPN 2 Sobang. 2012. Perangkat Keras (Alat Input). Online (http://tikom2sobang.wordpress.com/topik/kelas-vii/perangkat-keras-alat-input/) diakses pada 20 Februari 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar