Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMK Ketintang Surabaya
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 JP (2 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran Di Tempat Kerja
Kompetensi Dasar : Melaksanakan Tata Persuratan dan Kearsipan
I. Standar Kompetensi
Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran Di Tempat Kerja
II. Kompetensi Dasar
1.1 Melaksanakan Tata Persuratan dan Kearsipan
III. Indikator
Cognitif
1. Mengetahui pengertian surat
2. Mengidentifikasi jenis-jenis surat
3. Menyebutkan bagian-bagian surat
4. Mengetahui bentuk-bentuk surat
Afektif
Perilaku berkarakter
Membentuk perilaku siswa untuk disiplin, mandiri, kreatif, terampil dan bertanggung jawab
Psikomotor
Keterampilan membentuk kelompok dan membuat surat dinas, surat niaga serta surat pribadi.
IV. Tujuan Pembelajaran:
Cognitif
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian surat
2. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis surat
3. Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian surat
4. Siswa dapat membedakan bentuk-bentuk surat
Perilaku berkarakter
Dalam proses KBM, siswa berperilaku disiplin, mandiri, kreatif, terampil dan bertanggung jawab.
Psikomotor
Siswa mempunyai keterampilan membentuk kelompok dan mampu membuat surat sinas, surat niaga dan surat pribadi.
V. Materi Pembelajaran
1. Pengenalan surat
2. Jenis-jenis surat (surat niaga, resmi, pribadi)
3. Bagian-bagian surat niaga dan surat resmi
4. Bentuk -bentuk surat
VI. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran langsung. Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi dengan penerapan tipe STAD (Student Team Achievement Devision).
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar. 2. Mengekspresikan rasa syukur atas keberadaan pelajaran mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja. 3. Melihat kerapian dan kebersihan kelas. 4. Guru memperkenalkan diri. 5. Mengabsen kehadiran siswa. 6. Guru menyampaikan apersepsi untuk motivasi siswa. 7. Guru menjelaskan materi mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja yang akan di pelajari selama satu semester 8. Guru menjelaskan kriteria penilaian mata pelajaran mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja 9. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini yaitu tentang surat. 10. Guru memberikan soal pre-test yang dikerjakan siswa secara individu | 20 menit |
Inti | 1. Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok (1 kelas 40 siswa). 2. Guru menyampaikan power point materi surat. 3. Siswa mengamati dan memahami materi. 4. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang diajarkan. 5. Guru memberikan tugas pada setiap kelompok untuk membuat 1 surat dinas dan 1 surat niaga yang diselesaikan dan didiskusikan setiap kelompoknya . 6. Guru memberikan lembar kerja. 7. Siswa bekerja sama menyelesaikan tugas dari guru. 8. Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya. 9. Setelah diskusi selesai, tugas dikumpulkan kepada guru. 10. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. Sementara kelompok lain menanggapi dan memberi masukan. 11. Guru mengapresiasi kerja siswa dan memotivasi untuk tetap semangat. 12. Siswa diberikan tes tulis (post test). 13. Siswa mengerjakan tes secara individu tanpa bantuan teman lainnya. 14. Setelah selesai dilakukan mengoreksian bersama. 15. Hasil tes tiap-tiap anggota kelompok digabungkan. 16. Kelompok dengan hasil nilai terbanyak menjadi pemenang dan mendapatkan reward. | 65 menit |
Penutup | 1. Siswa diminta menyimpulkan tentang definisi dan ruang lingkup sarana kantor. 2. Guru mengklarifikasi pengetahuan siswa agar tidak terjadi misskonsepsi. 3. Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi pertemuan berikutnya yaitu pengurusan surat (mail handling) dari berbagai sumber yang relevan. 4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar. | 5 menit |
VIII. Media dan Sumber Belajar
Media : 1. Laptop
2. LCD Proyektor
3. Speaker
4. Papan Tulis
Sumber : 1. Modul Apk melaksanakan tata persuratan dan kearsipan
2. Buku Aneka Surat Indonesia. Moeliono, Anton M
3. Power Point
Daftar Pustaka :
1. Modul Apk melaksanakan tata persuratan dan kearsipan
2. Finoza, Lamuddin. 2005. Aneka Surat Sekretaris & Bisnis Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
IX. Penilaian
Kisi-Kisi Lembar Penilaian
Indikator | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk | Instrumen | |
Kognitif | Tes | Tes Tulis | Soal Pretest Postest |
Afektif | Observasi | Pengamatan langsung | Lembar Pengamatan |
Psikomotor | Praktek | Praktek membuat surat | Lembar Praktek |
MATERI
A. Tata persuratan dan kearsipan sesuai prosedur
1. Pengertian prosedur, pengelolaan, surat masuk dan surat keluar
a. Prosedur
Menurut Kamaruddin (1992:836-837) “Prosedur adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan yang saling berhubungan satu sama lain dan prosedur-prosedur yang baerkaitan melaksanakan dan memudahkan kegiatan utama dari suatu organisasi”.
a. Pengelolaan
Menurut Poerwodarminto (1998:409) “Pengelolaan adalah proses melakukan kegiatan tertentu dengan menggunakan tenaga orang lain, pengelolaan juga berarti mengurus perusahaan atau pemerintah”.
b. Surat Masuk
Menurut Wursanto (1991:108) “Surat masuk adalah semua jenis surat yang diterima dari instansi lain maupun dari perorangan, baik yang diterima melalui pos (kantor pos) maupun yang diterima dari kurir (Pengiriman surat) dengan mempergunakan buku pengiriman (ekspedisi)”.
c. Surat Keluar
Menurut Wursanto (1991:144) “ Surat keluar adalah surat yang sudah lengkap (bertanggal, bernomor, berstempel, dan telah ditandatangani oleh pejabat yang berwenang), yang dibuat oleh suatu instansi, kantor, atau lembaga untuk ditujukan atau dikirim kepada instansi, kantor atau lembaga lain”.
2. Pengertian surat menyurat
a. Menurut Wirladihardja (1991:66) “Surat adalah setiap tulisan berisikan pernyataan dari penulisannya, yang dibuat dengan tujuan menyampaikan informasi kepada pihak lain”.
b. Menurut Silmi (2002:1) “ Surat adalah sehelai kertas atau lebih, yang digunakan untuk mengadakan komuikasi”.
c. Menurut Barthos (1989:36) “ Surat adalah alat komunikasi tertulis yang berasal dari satu pihak dan ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan warta.
d. Menurut Lamuddin (2005:4) “Surat adalah informasi tertulis yang dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi tulis yang dibuat dengan persyaratan tertentu.”
Dari beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan mengenai pengertian surat yaitu sarana atau wahana komunikasi tertulis yang berisi informasi, perintah atau berita yang disampaikan dari satu pihak kepada pihak lain.
3. Fungsi surat menyurat
a. Menurut Lamuddin (2005:4) surat mempunyai fungsi sebagai berikut:
1.) Sebagai alat komunikasi tulis
2.) Sebagai tanda bukti tertulis
3.) Sebagai alat pengingat
4.) Sebagai pedoman untuk bertindak
5.) Sebagai keterangan keamanan
6.) Sebagaii duta/wakil organisasi
7.) Sebagai dokumentasi historis dari suatu kegiatan.
b. Menurut Silmi (2002:2) surat mempunyai fungsi sebagai berikut:
1.) Sebagai sarana komunikasi
2.) Wakil, surat menjadi wakil dari pembuat surat yang membawa pesan, misi atau informasi yang hendak disampaikan kepada penerima
3.) Bahan bukti, mengigat surat merupakan sarana komunikasi secara tertulis, maka surat dapat dijadikan bahan bukti yang mempunyai kekuatan hokum
4.) Sumber data
5.) Bhan pengingat
6.) Jaminan
7.) Alat pengikat
Ø Dari fungsi surat diatas dapat diketahui kedudukan surat dalam kinerja kantor meliputi sebagai berikut:
a. Surat mempunyai kedudukan sebagai wakil dari pengirim atau penulis
b. Surat berkedudukan sebagai pedoman dalam mengambil tindakan lebih lanjut
c. Surat berkedudukan sebagai jaminan
4. Macam-macam surat
a. Menurut Barthos (1989:37-39) macam surat dibedakan berdasarkan sebagai berikut:
1.) Surat menurut wujud
a.) Kartu Pos
Kartu Pos digunakan untuk menyampaikan berita pendek yang isinya dapat diketahui orang lain.
b.) Warkat Pos
Warkat pos digunakan untuk menyampaikan berita pendek yang isinya dapat diketahui orang lain.
c.) Surat Bersampul
Surat Bersampul dipergunakan untuk sebagai berikut :
(1) Menyampaikan beita yang isinya tidak dapat diketahui orang lain
(2) Mengirim berita yang isinya lebih panjang daripada warkat pos, dan lebih menghormati pihak yang kita kirimi surat.
d.) memorandum dan nota
Memorandum adalah surat yang berisi catatan singkat tentang pokok-pokok persoalan. Memo dibuat oleh atasan untuk bawahan atau sebaliknya
e.) Telegram
Telegram adalah surat yang susunannya ringkas dan jelas dengan bahasa yang jelas dan memuat berita-berita yang penting saja dan penulisannya menggunakan huruf morse.
Ø Fungsi surat dilihat dari kedudukan surat dalam kinerja kantor yaitu:
a. Surat mempunyai kedudukan sebagai wakil dari pengirim atau penulis.
b. Surat berkedudukan sebagai pedoman dalam mengambil tindakan lebih lanjut.
c. Surat berkedudukan sebagai jaminan.
Ø Surat menurut penggunaannya :
a. Surat dinas
Surat dinas adalah surat yang berisi masalah kedinasan atau adinistrasi pemerintah. Surat dinas harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang resmi. Contoh surat dinas yaitu surat keputusan, instruksi, surat tugas, surat edaran, surat panggilan, nota dinas, pengumuman dan surat undangan, rapat dinas.
b. Surat niaga
Surat niaga adalah surat yang berisi masalah perniagaan. Surat niaga dibuat oleh suatu perusahaan yang ditujukan kepada semua pihak. Contoh surat niaga yaitu surat pesanan, surat tagihan, surat permohonan lelang, dan periklanan.
c. surat pribadi
Surat pribadi adalah surat yang berisi masalah pribadi yang ditujukan kepada keluarga, teman atau kenalan.
Ø Menurut sifatnya
a. Surat biasa
Surat yang isinya bersifat biasa
b. Surat konfidensial
surat yang isinya bersifat terbatas untuk kalangan tertentu.
c. surat rahasia
surat yang hanya boleh dibuka dan diketahui isinya oleh orang yang dituju.
Ø Menurut urgensi penyelesaiannya
a. Surat biasa
Surat yang diperlakukan secara biasa.
b. Surat segera/ekspres
surat yang memerlukan penyelesaian dengan segera tetapi tidak se-urgen surat kilat.
c. surat kilat
surat yang memerlukan penyelesaian sangat segera.
Ø Bentuk surat:
a.) Bentuk surat lurus adalah bentuk surat yang diketik semuanya mulai pasak dari garis pinggir kiri. Selain tempat dan tanggal serta salam penutup,nama perusahaan (kantor), nama dan jabatan yang akan menandatangani diketik mulai dari tengah-tengah antara tepi kanan dan tepi kiri kertas.
b.) Bentuk surat setengah lurus adalah bentuk surat yang hamper sama dengan bentuk lurus. Perbedaannya terletak pada pengetikan isi saja, yaitu setiap alenia baru masuk lima spasi.
c) Bentuk lurus penuh (full block style) adalah bentuk surat yang diketik semuanya mulai pasak dari garis pinggir kiri.
d) Bentuk bertekuk (indented style)
e) Bentuk alenia mengggantung (hingging pargraph style)
f) Bentuk resmi indonesia lama (official style)
g) Bentuk resmi Indonesia baru (new official style)
Ø Bagian-Bagian Surat
a. Kepala surat
b. Nomor surat
c. Tanggal
d. Lampiran
e. Hal/perihal
f. Alamat tujuan
g. Salam pembuka
h. Isi surat
i. Salam penutup
j. Jabatan penanda tangan surat
k. Nama penanda tangan
l. NIP/NIK
m. Tembusan
n. Inisial pengonsep dan pengetik
Ø Arsip adalah kumpulan warkat yang disimpan menurut ketentuan-ketentuan yang berlaku dan apabila diperlukan dapat diketemukan kembali secara cepat.
Ø Kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan, penerimaaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan, dan perawatan serta penyimpanan warkat menurut sistem tertentu.
KISI-KISI TES URAIAN
Program studi : Administrasi Perkantoran
Mata pelajaran : Produktif Kompentensi Kejuruan
Semester/ tahun : 1/ 2015
Waktu testing : 10 Menit
Tipe tes : Uraian
Jumlah butir tes : 5
No. | Kompentensi dasar dan indikator | C | Jumlah | % |
1. | a. Melaksanakan tata persuratan dan kearsipan 1. Mengetahui arti dari surat 2. Mengetahui fungsi surat 3. Mengidentifikasi jenis-jenis surat 4. Menyebutkan bagian-bagian surat/naskah 5. Membedakan bentuk-bentuk surat | C1,3 C1,2,4 C1,3 C2,3,4 C1,2,3,4 | 1 1 1 1 1 | 15 20 25 15 25 |
JUMLAH | 10 | 100 |
Equation 1
Keterangan jenjang kemampuan:
C1 : Kemampuan berpfikir ingatan (pengetahuan)
C2 : Kemampuan berpfikir pemahaman
C3 : Kemampuan berpfikir penerapan (aplikasi)
C4,5,6 : Kemampuan berpfikir analisis, sintesis, evaluasi
SOAL TES
1. Jelaskan pengertian dari surat!
2. Sebutkan fungsi surat menyurat!
3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis surat berdasarkan penggunaannya beserta contohnya!
4. Sebutkan bagian-bagian surat!
5. Sebutkan dan gambarkan konsep bentuk-bentuk surat!
KUNCI JAWABAN
1. surat yaitu sarana atau wahana komunikasi tertulis yang berisi informasi, perintah atau berita yang disampaikan dari satu pihak kepada pihak lain.
2. Fungsi surat :
a) Sebagai alat komunikasi tulis
b) Sebagai tanda bukti tertulis
c) Sebagai alat pengingat
d) Sebagai pedoman untuk bertindak
e) Sebagai keterangan keamanan
f) Sebagai duta/wakil organisasi
g) Sebagai dokumentasi historis dari suatu kegiatan.
3. a.Surat dinas
Surat dinas adalah surat yang berisi masalah kedinasan atau adinistrasi pemerintah. Surat dinas harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang resmi. Contoh surat dinas yaitu surat keputusan, instruksi, surat tugas, surat edaran, surat panggilan, nota dinas, pengumuman dan surat undangan, rapat dinas.
b. Surat niaga
Surat niaga adalah surat yang berisi masalah perniagaan. Surat niaga dibuat oleh suatu perusahaan yang ditujukan kepada semua pihak. Contoh surat niaga yaitu surat pesanan, surat tagihan, surat permohonan lelang, dan periklanan.
c. surat pribadi
Surat pribadi adalah surat yang berisi masalah pribadi yang ditujukan kepada keluarga, teman atau kenalan.
4. Bagian-bagian surat
o. Kepala surat
p. Nomor surat
q. Tanggal
r. Lampiran
s. Hal/perihal
t. Alamat tujuan
u. Salam pembuka
v. Isi surat
w. Salam penutup
x. Jabatan penanda tangan surat
y. Nama penanda tangan
z. NIP/NIK
aa. Tembusan
ab. Inisial pengonsep dan pengetik
5. Bentuk-bentuk surat
1) Full Block style (lurus penuh)
2) Block Style (lurus)
3) Semi Block Style ( setengah lurus)
4) Indented style (berlekuk)
5) Hanging paragraph style (alenia mengggantung)
6) Official style (Indonesia lama)
7) New Official Style ( resmi indonesia baru)
LEMBAR PRAKTEK
Perintah :
1. Buatlah sebuah surat dinas dengan bentuk resmi indonesia baru !
2. Buatlah surat niaga dengan bentuk setengah lurus (semi block style)!
FORMAT PENGAMATAN PRILAKU BERKARAKTER
Standar kompentensi :
Kompentensi dasar :
Kelas :
Tanggal :
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
No. | Nama | Disiplin | Mandiri | Kreatif | Terampil | Tanggung Jawab | |||||||||||||||
A | B | C | D | A | B | C | D | A | B | C | D | A | B | C | D | A | B | C | D | ||
1. | |||||||||||||||||||||
2. | |||||||||||||||||||||
3. | |||||||||||||||||||||
4. | |||||||||||||||||||||
5. | |||||||||||||||||||||
6. | |||||||||||||||||||||
7. | |||||||||||||||||||||
8. | |||||||||||||||||||||
9. | |||||||||||||||||||||
10. | |||||||||||||||||||||
A= Sangat Baik
B= Memuaskan
C= Menunjukkan kemajuan
D = Memerlukan perbaikan
Surabaya, 03 Agustus 2015 | |
Mengetahui, Guru Pamong Minhatun Auwaliyah, S.Pd NIP. ......................................... | |
Guru PPL Umi Masruroh NIM. 12080314004 | Guru PPL Mukhlis Imam K NIM. 12080314022 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar